Rembang Raih Penghargaan Batik dari Mendiknas

Langkah dan kebijakan Bupati Rembang untuk menjaga kelestarian budaya bangsa dengan menerapkan pelajaran ekstrakurikuler membatik di sekolahan mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat. Bupati Rembang H.Moch.Salim menerima penghargaan tersebut dari Menteri Pendidikan Nasional dalam acara pembukaan pameran Gelar Batik Nusantara (GBN) ke-6 tahun 2009 di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (26/8). Bersama Sembilan Bupati/walikota lainnya yaitu Bupati Cirebon, Walikota Cirebon, Walikota Surakarta, Walikota Yogyakarta, Bupati Bantul, Bupati Pekalongan, Walikota Pekalongan dan Bupati Indramayu yang mendapat penghargaan serupa dianggap peduli terhadap kerajinan batik, karena memasukkan kegiatan membatik ke dalam ekstrakurikuler sekolah.

Acara yang diselengarakan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) digelar belum lama ini. Dibuka oleh Ibu Ani Susilo Bambang Yudhoyono selaku penasehat Dekranas Jakarta. Pemberian penghargaan ini adalah bentuk dukungan dan partisipasi YBI dalam memasukkan permohonan nominasi agar “Batik Indonesia” mendapatkan pengakuan sebagai Warisan Budaya Takbenda “Intangible Culture Heritage” dari UNESCO.

Dalam acara tersebut Kabupaten Rembang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perindakop dan UMKM bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Rembang memfasilitasi pengrajin Batik untuk mengikuti event Gelar Batik Nusantara (GBN) tahun 2009 dengan memberangkatkan 11 pengrajin/pengusaha batik dengan fasilitas 2 stand.

Selain memasukkan batik dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah – sekolah Pemerintah Kabupaten Rembang juga mendirikan showroom batik di Lasem dan memfasilitasi para pengrajin / pengusaha batik untuk mematenkan corak atau motif batik khas Kabupaten Rembang dalam komitmennya menjaga batik sebagai budaya bangsa. Hal lain yang sedang dalam wacana Pemerintah Kabupaten Rembang untuk lebih mengenalkan batik kepada masyarakat adalah mendirikan museum batik.

Iklan

One response to “Rembang Raih Penghargaan Batik dari Mendiknas

  1. bagus euy, eh sorry ngikut thread komentar posting ini untuk berkenalan dulu,
    saya Agus Suhanto… 🙂