Mangga Rembang Paling Di Minati

Musim buah mangga di Kabupaten Rembang yang biasanya bulan agustus ternyata pada tahun 2010 ini mundur karena cuaca ekstrem. Seperti yang dikatakan Suyana (30) salah satu penjual mangga di daerah Tanjungan, Kecamatan Kragan, pada bulan puasa (Agustus-red) harga mangga mencapai Rp 20.000/Kg. “Pada saat itu stok mangga sangat sedikit hanya beberapa pohon saja yang berbuah,” ujar Suyana.

Namun menurut Suyana memasuki bulan Oktober harga mangga perlahan mulai turun menjadi sekitar Rp 7000/Kg. Menurut Suyana hal ini disebabkan beberapa daerah sudah mulai panen mangga terutama daerah Jawa Timur seperti Tuban dan Bojonegoro. “Daerah Bojonegoro sudah mulai panen otomatis pasokan mangga sudah banyak.,” ujar Suyana. Namun menurut Suyana, para pembeli tetap mencari mangga yang asli dari Rembang karena rasa dan tekstur buah gadung (harum manis-Red) Rembang berbeda dengan mangga gadung daerah lain.

“Kalau buah dari daerah lain jika matang cenderung lembek tapi kalau dari Rembang (mangga) tetap kenyal dan rasanya lebih manis,” ujar Suyana. Dalam sehari biasanya penjualan mangga bisa mencapai rata-rata 50 Kg bahkan jika ramai bisa mencapai 100 Kg.

Di sepanjang jalan pantura yang melewati desa Tanjungan Kecamatan Kragan, terdapat puluhan kios pedagang kios buah khusus mangga. Mereka biasanya berjualan hanya pada waktu musim mangga. Buah mangga yang mereka jajakan biasanya dari daerah Rembang sendiri dan sekitarnya. Ada beberapa jenis buah mangga yang mereka jajakan seperti gadung, manalagi bahkan mangga Indramayu.

Sementara itu dalam kunjungan ke Kabupaten Rembang beberapa waktu lalu Dubes Argentina Javier A Sanz De urquiza ketika mencicipi berbagai buah khas Kabupaten Rembang mengatakan Buah Mangga Gadung Rembang adalah yang terbaik.

Iklan

Komentar ditutup.