Lewat Kambing, Raih Prestasi Tingkat Nasional

Kelompok Ternak Margo Mulyo

Pada tahun 2005 Moch Zainul Abidin (34) atau lebih akrab dipanggil Udin warga desa kemadu kecamatan Sulang Kabupaten Rembang bersama dua orang rekannya, musyafak dan Ragil Bambang membeli lima ekor kambing dengan harga Rp 2.5 Juta. Namun karena kurang pengetahuan mengenai cara beternak yang benar kelima ekor kambing yang mereka pelihara mati semua.

Setelah mengalami kegagalan, pada akhir 2006 atau tepatnya 19 Desember 2006 bersama delapan orang rekannya Udin merintis dan mendirikan Kelompok Tani Taruna Ternak Margo Mulyo. Modal awal kelompok tersebut dibelikan 24 ekor kambing.

Agar tidak terulang kejadian awal, kelompok tersebut bekerjasama dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dinas terkait dan dokter hewan.

Sekarang kelompok tersebut memiliki 20 orang anggota dengan jumlah Kambing lebih dari 200 ekor. “Untuk jenis kambing etawa kami mempunyai 50 ekor,”ujar udin yang juga merupakan sarjana teknik mesin.

Selain beternak kelompok tersebut juga melakukan pengemukan kambing, penjualan susu kambing dan penjualan bibit (anak) kambing. “Kemarin kami jual 5 ekor kambing dengan harga 60 juta,” kata udin.

Menurut Udin, satu ekor anak kambing jenis etawa dengan umur 1 bulan harganya sekitar Rp 1 juta sedangkan untuk yang kwalitas super bisa mencapai 6 juta rupiah.

Udin menuturkan untuk masalah pakan kambing relatif lebih mudah karena bahan utamanya adalah ampas ketela yang mudah ditemukan. “kebetulan dekat kami ada pengolahan ketela sehingga masalah pakan tidak terlalu menyusahkan,” tuturnya.

Selain itu menurut Udin kelompok tani yang dia pimpin juga sedang merintis usaha pembuatan tahu sehingga limbah dari hasil pengolahan tahu dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Di bidang prestasi Kelompok Tani Taruna Ternak Margo Mulyo juga telah meraih berbagai penghargaan tingkat daerah maupun nasional antara lain Juara II kelas B indukan kontes nasional kambing PE dalam rangka hari jadi Kabupaten Probolinggo ke-265, Juara II tingkat Provinsi lomba kelompok tani ternak se- Jawa Tengah.

Untuk kedepan Udin mengharapkan bantuan modal untuk mengembangkan kelompok tani ternaknya. “Saya ingin menambah populasi kambing kami menjadi 500 ekor sehingga dapat menjadi sentra atau perusahaan,” harap Udin.

Sementara itu menurut Ahmad Muzeni, Petugas PPL Kabupaten Rembang mengatakan pada awal mengikuti lomba kontes kambing peserta dari Kabupaten Rembang sempat dipandang sebelah mata bahkan ditertawakan oleh kontestan dari daerah lain, menurut anggapan mereka Rembang tidak memiliki potensi di peternakan kambing. Namun setelah Rembang mampu meraih penghargaan diberbagai kontes kambing baik tingkat daerah maupun nasional mereka mengakui potensi Kabupaten Rembang dibidang ternak kambing khususnya jenis peranakan etawa (PE).

“Hal ini menandakan Kabupaten Rembang mempunyai potensi di bidang ternak kambing,” lanjut Muzeni.

Muzeni berharap dengan adanya ternak kambing dapat menggairahkan kembali peternakan di Kabupaten Rembang yang sempat turun karena harga jual sapi yang semakin turun.

Iklan

3 responses to “Lewat Kambing, Raih Prestasi Tingkat Nasional

  1. waooooowwww ternyata kambing mahal juga ya sob…… mantaapppp

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  2. widiagroup

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatagroup.blogspot.com/