Raih Jutaan Rupiah Lewat Kelapa Muda

Kelapa Muda

Jika anda melintasi jalur Rembang – Blora akan banyak ditemui penjual Kelapa muda dipinggir jalan. Salah satunya Karsiman yang berjualan kelapa muda didesa landoh Kecamatan Sulang.

Karsiman mengaku berjualan kelapa muda sejak tahun 1980-an. Setiap hari Karsiman mampu menjual ratusan butir kelapa muda dengan omzet mencapai jutaan rupiah perharinya.

Dari berbagai jenis kelapa muda yang ia jajakan ada satu jenis kelapa muda yang tidak dipamerkan yaitu kelapa muda hijau wulung. Hal tersebut dikarenakan jumlahnya terbatas selain itu harganya mencapai tiga kali lipat dari kelapa muda biasa. “Kalau pembelinya minta baru saya ambilkan untuk satu buahnya Rp 15.000,-,” jelasnya.

Ijuk bagian belakang kelapa jenis ini berwarna ungu atau dalam bahasa jawa disebut wulung oleh karena itu kelapa ini diberi nama kelapa wulung.

Menurut Karsiman kelapa wulung dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti penawar racun sampai memperlancar saluran pembuangan air seni.

Karsiman mengaku sangat sulit mengembangkan kelapa jenis ini. “Tidak seperti kelapa kopyor yang sudah di budidayakan, kelapa wulung belum dapat dibudidayakan, dari seribu pohon kelapa yang ditanam belum tentu satunya berjenis kelapa wulung,” ujar Karsiman yang mengaku mampu melihat kualitas kelapa muda dengan hanya melihat bagian luarnya saja.

Selain itu hama pohon kelapa atau wangwung sangat menyukai jenis kelapa ini. “mungkin manggarnya rasanya gurih,” katanya sambil terkekeh.

Jika anda penasaran dengan rasa kelapa jenis ini silahkan mampir di warung Karsiman yang terletak di Desa Landoh.

Iklan

Komentar ditutup.