SMP 1 Lasem Kembangkan Kerupuk dan Bakso Latoh

Kerupuk Latoh

Latoh atau dalam bahasa latin disebut Caulerpa racemosa var uvifera adalah tumbuhan sejenis rumput laut. Tanaman ini merupakan rumpun tanaman dari  alga hijau yang sering dimanfaatkan sebagai makanan bagi masyarakat sekitar pantai di daerah Rembang dan sekitarnya.
Di Kabupaten Rembang latoh biasa dimakan dengan dicampur sambal kelapa atau lebih dikenal dengan sebutan urap latoh yang memiliki rasa gurih asin, klethus-klethus sensasional dimulut.
Namun ditangan murid-murid SMPN 1 Lasem melalui kegiatan KIR Ritula (Karya Ilmiah Remaja SMPN 1 Lasem) latoh dimanfaatkan menjadi berbagai jenis makanan olahan seperti kerupuk latoh dan bakso latoh.
Guru pembimbing KIR Ritula, Nuraini mengatakan pembuatan kedua jenis makanan tersebut dimulai sekitar dua tahun lalu.
“Khasiat latoh adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penuaan dini karena latoh mengandung vitamin C dan antioksidan,” ujar Nuraini.
Namun Nuraini menambahkan kerupuk dan bakso latoh belum diproduksi secara masal baru diperkenalkan dilingkungan SMPN 1 Lasem. “Nanti setelah disempurnakan baik dari segi rasa maupun kemasan kerupuk dan bakso latoh akan dijual umum sehingga dapat menjadi oleh-oleh khas Rembang,” harap Nuraini.

Iklan

Komentar ditutup.