Kembangkan Usaha Pemancingan

Wiwik di Kolam PemancingannyaMeskipun memiliki 11 kolam pemancingan, Sunaryo Wiranto (56) warga tawangsari yang lebih akrab dipanggil wiwik mengaku belum mengetahui cara pembibitan ikan yang benar. Selama ini dia hanya memelihara ikan dengan cara alami.

“Saya hanya taruh ikan jantan dan betina dalam satu kolam, mudah-mudahan bisa bertelur,” tutur wiwik.

Wiwik mengaku selama ini memperoleh bibit ikan sebagian beli untuk jenis ikan lele dan sebagian ikan-ikan liar yang hanyut melalui areal persawahan disekeliling rumahnya.

Ada bermacam-macam jenis ikan yang ada dikolam pemancingannya mulai jenis lele, nila, gabus/kutuk, wader bahkan gurame meskipun jumlahnya masih terbatas, untuk jenis lele bahkan ada yang memiliki berat lebih dari tiga kilogram untuk satu ekornya.

Untuk pakan wiwik mengaku sementara ini belum memiliki kendala yang cukup berarti.“Untuk pakannya saya kadang beli dari limbah potongan-potongan kepala udang atau ikan yang tidak laku dijual dipasar,” ujar Wiwik.

Wiwik menceritakan awalnya sekitar dua tahun yang lalu dia hanya iseng membuat bak penampungan di lahan belakang rumahnya yang mempunyai luas 7500 m2 itu, namun lambat laun bak penampungan tersebut berisi ikan yang hanyut dari sawah. Kemudian olehnya ikan tersebut dipelihara bahkan dia membeli ikan jenis lain untuk ikut dipelihara.

Sekarang dari 11 kolam ikan tersebut tiap harinya dia mengaku mampu menjual 10 kilogram ikan dengan rata-rata harga jual Rp 11 ribu – Rp 12 ribu / Kg pembeli rata-rata dari pedagang pasar dan tetangganya. “Menurut mereka ikan dari kolam saya tidak memiliki aroma tanah seperti dikolam pemancingan lain, mungkin karena pemeliharaanya masih alami,” ungkapnya.

Meskipun minim promosi terkadang ada juga pemancing yang datang ketempatnya untuk langsung memancing ikan, suasana yang alami dikelilingi pohon pisang, petai cina dan asem jawa menambah kenyamanan bagi pemancing tersebut.

Namun sayang dia mengaku belum mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki di kolam pemancingannya karena minimnya pengetahuan dari mulai pemeliharaan sampai promosi. Dia berharap ada yang mau mengajarinya agar ia mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Iklan

Komentar ditutup.